Di era digital, apa yang dikatakan pengguna tentang perusahaan online dapat mempengaruhi reputasi mereka secara signifikan. Manajemen reputasi online (ORM) telah menjadi mesin pertumbuhan bisnis yang penting—berbagai teknik untuk melacak, membentuk, dan meningkatkan bagaimana fungsi bisnis Anda mencakup ORM. Mempertahankan kehadiran digital yang positif untuk perusahaan dan merek Anda sambil membantu membangun kepercayaan dengan pemangku kepentingan memungkinkan Anda bertahan dalam jangka panjang.
Mengelola Reputasi Online: Bagaimana Melindungi Bisnis Anda?
Menangkan Pasar Pencarian Lokal Anda
Orang-orang menggunakan Internet untuk meneliti dan menemukan perusahaan terdekat. Kelola dan optimalkan listingan bisnis lokal Anda untuk membangun visibilitas Anda di mesin pencari dengan ratusan lokasi. Saat konsumen melakukan penelusuran online untuk bisnis Anda, listingan ini muncul di hasil. Mereka tidak hanya menampilkan detail perusahaan Anda tetapi juga memengaruhi peringkat mesin pencari, pendapatan, dan reputasi merek.
Mengembangkan listingan lokal efektif yang secara akurat mewakili merek Anda dan mengarahkan pelanggan ke lokasi bisnis Anda sangat penting untuk keberhasilan manajemen reputasi merek. Penelitian, entri data, proses verifikasi, dan login dan keluar internet manual semuanya merupakan bagian dari Layanan ORM.
Kuasai Seni Menanggapi Ulasan
Bisnis harus memahami cara bereaksi terhadap ulasan yang tidak menyenangkan, terutama jika ulasan tersebut dapat merusak reputasi mereka sebagai sebuah merek. Namun, perusahaan perlu merespons ulasan dengan lebih cepat. 53% konsumen mengharapkan merek membalas komentar yang tidak menyenangkan dalam waktu seminggu. Satu dari tiga durasinya paling lama tiga hari.
Pastikan tim Anda memiliki prosedur untuk menanggapi ulasan dan menghubungi pelanggan. Selesaikan masalah dengan segera ketika Anda menerima masukan negatif atau penilaian buruk. Luangkan waktu untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada pengulas Anda atas masukan mereka, dan ingatlah untuk selalu merespons dengan cara yang spesifik terhadap pengalaman pelanggan sambil menyoroti keuntungannya. Anda mendapatkan keterlibatan konsumen yang berarti untuk meningkatkan reputasi merek Anda.
Dorong Ulasan Pelanggan Secara Online
Saat Anda memberikan pengalaman yang mereka sukai kepada orang-orang, mereka akan segera merekomendasikan Anda. Bertanya adalah semua yang diperlukan. Jadi, buatlah prosedur untuk meminta ulasan klien sebagai bagian dari rencana manajemen reputasi online Anda. Aliran ulasan bintang 5 yang stabil dari klien akan mempromosikan perusahaan Anda dan membangun bukti sosial yang kuat, mendorong kepercayaan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.
Strategi bagus lainnya untuk melakukan penjangkauan segera adalah secara proaktif meminta ulasan dan umpan balik klien. Pendekatan ini membangun hubungan baik dengan pelanggan dan menghubungkan perusahaan Anda dengan suara-suara yang penting, belum lagi dampak SEO dari ulasan baru, yang dapat memperkuat sinyal SEO lokal listingan Anda dan meningkatkan eksposur mesin pencari Anda.
Kesimpulan
Layanan ORM sangat penting dalam menjaga merek Anda dari publisitas negatif. Dengan mengelola reputasi online secara aktif, Anda dapat memastikan bisnis Anda mempertahankan jejak digital yang positif, menumbuhkan kepercayaan di antara pemangku kepentingan dan pelanggan. Strategi utamanya mencakup memenangkan pasar pencarian lokal, mengoptimalkan listingan bisnis untuk meningkatkan visibilitas, dan memengaruhi peringkat mesin pencari.
Selain itu, menguasai seni menanggapi ulasan sangatlah penting. Namun Anda memerlukan perusahaan teknologi untuk melakukannya. Di CrecenTech, kami memberikan layanan manajemen reputasi online yang luar biasa kepada perusahaan dari semua ukuran.